Manfaat air beras untuk kecantikan 

42 views 5:35 am 0 Comments August 16, 2022
Manfaat air beras untuk kecantikan 

Tentang Kecantikan

Apakah Anda selalu membuang air beras saat mencucinya? Wah sayang sekali jika membuangnya cuma-cuma. Tahukah Anda bahwa  untuk membuat diri ini cantik sebenarnya tidak perlu mahal karena banyak bahan yang murah dan bisa dimanfaatkan contohnya air beras.

Air beras  telah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan bahkan sejak 1000 tahun lalu. Di Jepang orang memanfaatkan air beras untuk memperkuat dan memperindah rambut. Manfaatnya untuk kulit juga tidak perlu diragukan lagi sebab di dalamnya terkandung zat yang telah dikenal mampu melindungi dan memperbaiki kulit. Walaupun beberapa manfaatnya hanya sekedar klaim beberapa orang dan belum bisa dibuktikan.

Sebenarnya beberapa manfaat air beras untuk kecantikan.

1.  Mencerahkan kulit

Mungkin ini adalah satu-satunya manfaat air beras yang diketahui banyak orang sejak zaman dahulu. Air beras terkenal dapat mencerahkan kulit atau mengurangi bercak-bercak hitam. Oleh karena itu, menjadi hal yang tidak mengherankan jika ini dicampurkan ke beberapa produk perawatan kulit mulai dari sabun, krim, sampai toner. Walaupun belum ada bukti seberapa efek air beras untuk mencerahkan pigmen namun banyak orang yang memanfaatkannya dan berhasil menfaat kulit yang lebih cerah.

2.  Mengurangi penuaan kulit

Air beras terutama yang difermentasi telah terbukti dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat matahari. Bukti ini diperoleh setelah melalui sebuah  penelitian yang dilakukan pada tahun 2013. Formula fermentasi ini dianggap mampu meningkatkan kolagen di kulit yang membuat kulit lebih kenyal. Selain itu, hasil fermentasi ini juga memiliki sifat layaknya tabir surya sehingga memberikan manfaat anti penuaan. Ini telah dibuktikan melalui sebuah studi dimana air beras mengandung enzim inositol  yang berpotensi mengurangi pembentukan kerutan dan garis-garis halus pada kulit.

3. Mengatasi ketombe

Air beras yang difermentasi telah terbukti menghambat pertumbuhan jamur. Berdasarkan penelitian, air beras yang didiamkan sehari mengandung bakteri bacillus cereus yang menghasilkan zat antibiotic bernama zwittermicin A dan kanosamine. Zat inilah yang mampu menghambat pertumbuhan malassecia furfur yang merupakan penyebab munculnya ketombe.

4. Mengatasi rambut rusak

Kerusakan rambut bisa disebabkan dari dalam maupun luar. Rambut rusak seperti ujung bercabang dapat diatasi idengan air beras. Kandungan inositol yang merupakan zat kimia dalam air beraslah yang membantu memulihkan rambut yang rusak menjadi rambut sehat.

5. Mengurangi iritasi kulit

Kulit kering dapat menyebabkan iritasi kulit. Namun tenang saja, sebab ada air beras yang mampu mengurangi iritasi kulit khususnya yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS). Memanfaatkan air beras dengan menggunakannya dua kali dalam sehari akan membantu mengatasi kulit yang kering dan rusak karena SLS.

6. Kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas

Dalam beras terkandung antioksidan yang bernama inositol. Antioksidan inilah yang dapat membantu melawan efek radikal bebas yaitu molekul volatile. Perlu diketahui bahwa molekul tersebut dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, orang yang mengaplikasikan air beras pada kulit selama 28 hari akan menerima manfaatnya yaitu radikal bebas dapat berkurang. Hal ini dikarenakan beras memiliki aktivitas antioksidan yang serupa dengan asam askorbat atau vitamin C.

Itulah beberapa manfaat dari air beras yang mana walaupun belum sepenuhnya terbukti oleh penelitian namun tidak ada salahnya mencoba melakukan perawatan yang murah dengan bermodal air beras. Perlu diingat bahwa sebaiknya gunakan air cucian ketiga saat mencuci beras. Sebab dikhawatirkan barangkali air cucian pertama dan kedua mengandung sisa pestisida atau bahan kimia yang bisa merusak kulit.

Tags: , ,